Ukuran otak bagian tertentu berhubungan dengan pandangan politik

By , Kamis, 30 Desember 2010 | 10:04 WIB

Sebuah penelitian mendapati kalau ukuran bagian otak tertentu pada otak mungkin berhubungan dengan pandangan politik orang tersebut.
Menurut para ahli, orang-orang konservatif memiliki amigdala yang lebih luas. Amigdala terletak pada bagian tengah otak dan berkaitan dengan rasa cemas dan emosi. Sebaliknya, orang yang memiliki anterior cingulate, bagian depan otak yang berhubungan dengan keberanian, biasanya lebih memperhatikan sisi positif kehidupan.
Penelitian dilakukan oleh University College London terhadap dua anggota parlemen dan sejumlah mahasiswa. Mereka mendapati perbedaan ukuran pada kedua bagian otak itu ternyata berhubungan dengan pandangan politik para partisipan.
Prof Geraint Rees, yang memimpin penelitian, mengatakan pada The Telegraph, "Temuan ini mengejutkan karena ada daerah pada otak yang dapat memprediksikan sikap politik seseorang."
Rees menambahkan kalau temuan ini menunjukkan ada hal yang berhubungan dengan sikap politik terekam dalam struktur otak lewat pengalaman atau ada sesuatu di dalam struktur otak kita yang menentukan sikap politik.
Hasil studi yang akan diterbitkan tahun depan ini menyokong sebuah studi yang mengatakan kalau orang lahir dengan "gen liberal" yang membuat orang tidak terlalu tertarik dengan pandangan politik konvensional. (Stephanie Silitonga)
Sumber: The Telegraph