Ilmuwan Temukan Dinosaurus Terbesar di Angola

By , Jumat, 18 Maret 2011 | 01:59 WIB

Para ilmuwan di Angola temukan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ada di muka Bumi. Dinosaurus ini bahkan membuat T-Rex tampak kecil.
Dinosaurus yang diberi nama Angolatitan adamastor ini merupakan dinosaurus baru. Tim yang terdiri dari ilmuwan dari berbagai negara mendapati tulang-tulang tubuh depan dengan karakteristik yang unik.
Ilmuwan baru menemukan satu fosil raksasa Angola. Tapi mereka yakin kalau dinosaurus ini merupakan dinosaurus berleher panjang dan pemakan tumbuhan.
Dr Octavio Mateus dari Unversidade Nova de Lisboa Portugal menemukan Angolaitan adamastor pada tahun 2005. Pengangkatan dan penelitian sejak saat itu dimulai. Fosil dinosaurus ditemukan di lokasi yang pada 90 juta tahun yang lalu merupakan lautan. Di dekatnya, ditemukan fosil ikan dan gigi hiu. "Mungkin dulu dinosaurus ini terseret ke laut dan dicabik-cabik oleh hiu purba," demikian ilmuwan memperkirakan.
Temuan ini merupakan hasil ekspedisi paleontologi pertama sejak 1960-an. Angola merupakan salah satu negara dengan perang berkepanjangan. Perang pecah pada tahun 1960-an, diikuti perang saudara setelah memperoleh kemerdekaan dari Portugal pada tahun 1975. Perang berakhir pada 2002 setelah angkatan bersenjata berhasil menumpas pemimpin pemberontak Jonas Savimbi.
"Kami tidak takut ranjau, kami tidak takut dengan kondisi negara yang bermasalah di masa lalu ini," kata Dr Mateus. (Sumber: Daily Mail, Huffington Post)