Butiran Plastik Membantu Pengobatan Kanker

By , Rabu, 30 Maret 2011 | 11:48 WIB

Molekul plastik yang disebut dengan QuadraSphere dapat membantu dalam pengobatan penyakit kanker yang dilakukan dengan cara kemoterapi. 
Kemoterapi dilakukan dengan cara memasukkan bahan kimia ke dalam tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker. Namun, saat dokter melakukan kemoterapi itu, bahan kimia yang dimaksudkan untuk menghancurkan sel-sel kanker, ikut mengalir ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Di sinilah molekul plastik itu berfungsi.
Terbuat dari sodium acrylate dan vinyl alcohol polymer, QuadraSphere disuntikkan dekat dengan pembulu darah arteri yang dekat dengan sumber tumor. Butiran mikro itu memblokir kapiler terdekat dan mencegah obat kimia itu menyebar ke seluruh tubuh.
Di bulan Maret lalu, para dokter melakukan penelitian dengan 500 pasien yang memiliki penyakit kanker hati. Penelitian yang menghabiskan dana sekitar 10 juta dolar itu masih belum dapat diprediksi hasilnya sampai empat tahun mendatang. 
QuadraSphere dapat memberikan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan pengobatan sebelumnya, menurut penelitian kecil-kecilan yang dilakukan sebelumnya. “Pengobatan menggunakan QuadraSphere ini memungkinkan pasiennya untuk pulang ke rumah pada hari yang sama,” ungkap Radiologis dari Rumah Sakit Umum Vancouver, David, Liu. (Arief Sujatmoko, Popsci)