Kupu-Kupu Ini Adalah Serangga AS Pertama yang Punah Karena Manusia

By Fikri Muhammad, Rabu, 21 Juli 2021 | 14:00 WIB
Kupu-kupu biru Xerces yang punah (ditampilkan) adalah spesies serangga AS pertama yang diketahui punah karena manusia, sebuah penelitian menemukan. (FIELD MUSEUM) ()

Nationalgeographic.co.id—Sudah sekitar 80 tahun sejak kupu-kupu biru Xerces terakhir terlihat terbang dengan sayap berwarna pastel melintasi bukit pasir pesisir California. Para peneliti dalam publikasi Biology Letters melaporkan bahwa spesies Xerces (Glaucopsyche xerces) adalah spesies serangga AS pertama yang diketahui punah karena manusia.

Kupu-kupu ini dulu hanya hidup di Semenanjung San Francisco, Tetapi pada awal 1940-an, ia telah menghilang. Kepunahannya yang cepat dikaitkan dengan hilangnya habitat dan makanan tanaman asli sebagai akibat dari pembangunan perkotaan dan mungkin, masuknya semut invasif yang menyebar melalui pengiriman barang.

Walau demikian, tidak jelas apakah kupu-kupu biru Xerces adalah spesiesnya sendiri, atau hanya populasi terisolasi dari spesies kupu-kupu biru lain yang lebih tersebar luas, kata Corrie Moreau, ahli entomologi Cornell University di laman Science News.