Ambon Benahi Objek Wisata

By , Jumat, 6 Mei 2011 | 06:28 WIB

Berbagai objek wisata di Ambon dibenahi guna menarik wisatawan untuk berkunjung. Pemerintah kota mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi.
Saat ini pemerintah kota sedang mengaktifkan kembali wisata Pantai Lawena, Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan yang sempat ditutup akibat konflik sosial tahun 1999. Pantai indah ini diprediksi Wali Kota Ambon, Jopie Papilaja bakal menarik kunjungan wisatawan.
"Kami telah  berkoordinasi dengan pemerintah desa Hutumuri dan pemilik lahan untuk mengembangkan  pantai Lawena sebagai salah satu objek wisata pantai," ujar Papilaja. Lawena memiliki pantai berpasir putih yang asri dan lautnya bersih berhadapan dengan laut Banda dengan dilatarbelakangi hutan menghijau sehingga mempesona untuk dinikmati wisatawan.
Guna mendukung kelancaran transportasi ke pantai Lawena, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkot Ambon telah melakukan perbaikan akses jalan menuju objek wisata.
Potensi wisata lainnya yang telah dikembangkan Pemkot yakni wisata bawah laut di daerah Pantai Hukurilla. 
Papilaja mengatakan pengembangan pariwisata di ibu kota Provinsi Maluku tersebut butuh dukungan masyararakat, "dalam faktor kebersihan lingkungan, dan permasalahan tanah yang sering menjadi masalah," katanya.
Menurut Papilaja, pengembangan pariwisata Ambon, pemerintah kota hanya menjadi fasilitator yakni untuk memfasilitasi investor yang akan menanamkan saham. "Tugas pemerintah hanya memfasilitasi dan memberikan dukungan kepada pengusaha, masyarakat setempat yang harus berperan aktif agar pariwisata Ambon semain dikenal dengan menunjukkan citra yang baik," katanya. (I Made Asdhiana)