Misi Luar Angkasa Pertama iPhone

By , Senin, 13 Juni 2011 | 16:42 WIB

Penerbangan terakhir Atlantis akan membawa dua unit Apple iPhone untuk menguji aplikasi yang dibuat Odyssey Space Research dalam empat eksperimen.

Aplikasi Limb Tracker akan memperkirakan ketinggian dengan menggunakan citra lengkungan Bumi yang diperoleh. Kemudian, sebuah tes kalibrasi sensor memanfaatkan kamera iPhone dan sensor lainnya digunakan untuk menyesuaikan gyroscope dan akselerometer. Sementara tes pengenalan spasial akan mencocokkan gambar bumi dengan citra wireframe dari perbatasan nasional berbagai negara. Terakhir, ponsel pintar yang lekat dengan citra gaya hidup kelas menengah ke atas ini akan digunakan untuk menguji efek radiasi komputer dengan memeriksa perubahan pada bits di memori telepon.
Odyssey menekankan bahwa semua eksperimen akan dilakukan dan dibiayai sebagai riset perusahaan. iPhone sendiri tidak akan digunakan untuk navigasi ataupun misi NASA lainnya.Misi iPhone ini direncanakan meluncur dari STS-135 yang untuk sementara dijadwalkan pada 8 Juli 2011. Misi ini akan menjadi penerbangan terakhir Atlantis ke luar angkasa sekaligus menjadi misi terakhir untuk program pesawat ulang-alik. (Sumber: Electronista)