Tiga Gunung di Sleman Berpotensi Jadi Objek Wisata

By , Jumat, 12 Agustus 2011 | 14:36 WIB

Tiga gunung di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yakni Gunung Ngampon, Gunung Gedang, dan Gunung Wungkal berpotensi untuk menjadi objek wisata baru. Sayangnya, dukungan pemerintah setempat terhadap pembangunan kawasan masih minimal.
"Ketiga gunung cocok untuk trekking, berkemah, dan gathering. Beberapa kali sudah ada orang melakukan hal-hal tersebut," kata Anggoro Aji Sunaryono, Camat Seyegan. Gunung Ngampon juga dekat dengan lokasi mata air Berduwur dan Tuk Si Bedug. Akses berupa jalan aspal yang menyambung ketiga gunung pun sudah tersedia.
Menurut Anggoro, bila dikembangkan menjadi daerah wisata, keadaan perekonomian masyarakat sekitar akan menjadi lebih baik. Sayangnya, pengembangan pariwisata di sana ini masih terbentur masalah dana. Anggoro mengaku pernah mengajukan permohonan dana sebesar Rp100 juta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, namun hanya terealisasi Rp19 juta saja. “Saya juga sudah bertemu dengan investor namun mereka menolak dengan alasan lokasinya jauh dari jalan utama,” keluhnya..
Meski belum banyak mendapatkan tanggapan terkait pengembangan kawasan wisata tersebut, saat ini pemerintah setempat tengah melakukan kajian pada sisi tata ruangnya. Hal ini perlu dilakukan karena pengembangan kawasan wisata baru  perlu menyokong lumbung pangan.