Kuda Laut Mulai Masuk ke Sungai

By , Selasa, 11 Oktober 2011 | 06:51 WIB

Pengamat kehidupan satwa liar asal Inggris menyatakan bahwa mereka mendapati sebuah koloni kuda laut langka yang biasanya hidup di kawasan Mediterranean atau Laut Tengah di Sungai Thames.

Penampakan kuda laut itu terjadi saat peneliti melakukan survei rutin di kawasan Greenwich. Dari pemantauan, diperkirakan ada populasi permanen dari spesies tersebut di Inggris. Petugas badan lingkungan hidup menyebutkan, kuda laut itu kemungkinan juga beranak pinak di sungai tersebut.

Kuda laut bermoncong pendek yang bisa tumbuh hingga sepanjang 15 sentimeter ini memang kadang dijumpai di perairan lepas pantai Inggris. Namun belum pernah didapati bahwa mereka masuk sampai jauh ke dalam lewat sungai.


“Kuda laut yang kami temukan masih kecil. Ini mengindikasikan bahwa mereka dilahirkan di sekitar kawasan tersebut,” kata Emma Barton, seorang petugas dari Environment Agency. “Ini merupakan pertanda yang bagus bahwa populasi kuda laut, tidak hanya meningkat, tetapi juga menyebar ke lokasi-lokasi di mana mereka tidak pernah ditemukan sebelumnya,” ucapnya.

Emma menyebutkan, pihaknya berharap bahwa perbaikan terhadap kualitas air dan habitat di Sungai Thames akan menarik lebih banyak spesies langka seperti ini untuk menjadi penghuni tetap sungai tersebut. (Sumber: UPI, Daily Telegraph)