Kejuaraan Barongsai Nasional di Pulau Belitong

By , Rabu, 12 Oktober 2011 | 05:29 WIB

Berbarengan dengan acara Sail Wakatobi-Belitong, diadakan Kejuaraan Barongsai memperebutkan Piala Presiden yang berlangsung di Pantai Nyiur Melambai, atau--umumnya disebut masyarakat setempat Pantai Lalang, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Selasa (11/10) malam.

Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 akan sampai pada puncaknya pada Kamis (13/10). Sebelumnya kegiatan bertujuan memanfaatkan potensi pariwisata suatu daerah ini diluncurkan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bulan Juli lalu. Belitung merupakan lokasi titik akhir.

Maka untuk tujuan itu, tak hanya lomba perahu layar, tetapi banyak juga kegiatan (dalam SWB) yang bermanfaat menggali kekayaan budaya sekaligus mendorong turisme di daerah-daerah. Demikian disampaikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono yang hadir malam itu.

"Belitong timur bisa menjadi destinasi wisata," ucapnya. Agung menambah pula, kejuaraan ini adalah cara usaha kita sebagai anak bangsa untuk memelihara kekayaan budaya, salah satunya barongsai.

"Tradisi dapat memperkuat akar budaya, akan memperkokoh jati diri bangsa kita sebagai bangsa yang penuh adab," kata Agung lagi.

Menurut Bupati Belitung Timur Basuri Tjahja Purnama, tari barongsai adalah sebuah kebudayaan yang telah berasimilasi dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan.

Kejuaraan Barongsai ini digelar secara nasional. Pesertanya berasal dari 12 provinsi. Kejuaraan pun mendapat perhatian pula dari khalayak masyarakat, khususnya masyarakat Beltim. Mereka memadati arena untuk menyaksikan pertunjukan.