Bapak AI dan LISP, John McCarthy, Wafat

By , Kamis, 27 Oktober 2011 | 14:06 WIB

John McCarthy meninggal pada Senin (24/10) di usia 84 tahun. Profesor McCarthy berperan penting dalam merintis Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan sebagai salah satu cabang Ilmu Komputer. 
 
McCarthy juga mengembangkan bahasa pemrograman LISP yang berkembang menjadi bahasa pemrograman pilihan di komunitas AI, dan masih digunakan sampai sekarang. Peran penting lainnya adalah pengembangan sistem berbagi waktu (time-sharing).
 
Berita kematian McCarthy disampaikan Stanford University -- tempat dia mengajar selama empat dekade --  tanpa menyebutkan penyebab kematiannya. 
 
Nama John McCarthy mungkin tak semoncer pamor AI. Tapi dunia pasti ingat saat komputer super buatan IBM Deep Blue mengalahkan master catur Garry Kasparov pada Mei 1997. Kemenangan Deep Blue tak lepas dari kekuatan AI yang ikut "memintarkannya".
 
Perintisan AI dimulai pertama kali pada 1955 saat McCarthy membuat rincian rencana konferensi Dartmouth Summer Research Conference on Artificial 
 
Intelligence yang berlangsung pada 1956. Konferensi tersebut dihadiri para pakar bahasa pemrograman, input sensorik, mesin belajar dan bidang-bidang lainnya yang mendiskusikan potensi teknologi informasi.
"John McCarthy sangat berperan penting dalam kelahiran disiplin ilmu Kecerdasan Buatan," kata Noel Sharkey, Profesor AI dari University of Sheffield.
 
"Kontribusinya dalam penamaan subyek dan pengorganisasian konferensi Dartmouth masih bergema sampai saat ini."