Anjing Laut Melahirkan di Tempat Ia Dilahirkan

By , Senin, 31 Oktober 2011 | 21:18 WIB

Dari penelitian, ternyata anjing laut Antartika memiliki kemampuan untuk kembali ke lokasi di mana mereka dilahirkan saat akan melahirkan anak-anaknya. Jika mereka tidak berhasil mencapai titik tersebut, sebagian besar di antara mereka melahirkan bayi-bayi mereka dalam jarak setidaknya sekitar 12 meter dari lokasi lahir mereka.“Mereka ini bagaikan memiliki sistem GPS di dalam tubuhnya. Kemungkinan lain, mereka menggunakan petunjuk lain seperti bau yang tidak bisa kita ukur,” kata Joe Hoffman, peneliti dari University of Bielefeld, Jerman.

“Namun yang pasti, kemampuan untuk kembali ke posisi tempat kelahiran mereka merupakan kemampuan yang sangat luar biasa,” ucapnya.Para peneliti menyebutkan, kemampuan untuk kembali ke tempat lahir sangat mengagumkan mengingat mereka menghabiskan sampai 5 tahun mencari makan di jarak ratusan kilometer di laut sebelum mereka pulang ke rumah.

Dan sejalan dengan bertambahnya pengalaman para anjing laut betina, jarak antara tempat mereka melahirkan dengan tempat lahir mereka semakin dekat.

Temuan ini sendiri dipublikasikan di jurnal Mammalian Biology. (Sumber: Planet Earth Online)