Pohon Semakin Butuh Perlindungan Pemerintah

By , Senin, 28 November 2011 | 08:22 WIB

Dari penelitian yang dilakukan oleh 20 lembaga pengamat hutan dan kehidupan liar, diketahui bahwa pepohonan, khususnya di kawasan Inggris Raya menghadapi perubahan lingkungan dalam kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tantangan yang dihadapi oleh pepohonan di kawasan tersebut jauh lebih besar dibandingkan yang dihadapi oleh pepohonan dalam 100 tahun terakhir.

Organisasi mulai dari Forest Stewardship Council sampai ke Woodland Trust telah bekerjasama untuk pertamakalinya demi menegaskan status dan kondisi kawasan hutan di Inggris Raya dan mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan.

Ancaman terhadap pepohonan dan hutan sendiri termasuk perubahan iklim, meningkatnya hama dan penyakit, polusi, spesies invasif, penggembalaan ternak yang berlebihan, sampai ke hilangnya habitat sejumlah spesies makhluk hidup. Adapun target yang dituju adalah setidaknya menjaga dan mengembalikan serta melindungi habitat hutan.

Sayangnya, dalam sejumlah kasus, berdasarkan informasi dan pemantauan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tersebut, target itu tidak tercapai. Masalah mendesak yang dapat diatasi dengan meningkatkan kawasan hutan adalah membantu mengatasi dan beradaptasi terhadap perubahan iklim. (Sumber: The Independent)