Kecelakaan Pesawat Karena Kecerobohan Manusia

By , Rabu, 30 November 2011 | 12:53 WIB


Penyebab kecelakaan pesawat di Palo Alto, California pada tahun 2010 akhirnya terungkap setelah satu setengah tahun diselidiki. Menurut National Transportation Safety Board (NTSB), kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan manusia.

Cessna 310 bermesin kembar itu menabrak sebuah menara transmisi dan jatuh di lingkungan perumahan pada 2010 lalu karena kesalahan pada pilot, seorang insinyur senior Tesla Motor, Doug Bourn. NTSB mengatakan bahwa kecelakaan terjadi karena kegagalan pilot untuk mengikuti standar keberangkatan.

Dalam kecelakaan yang menyebabkan tiga orang meninggal ini disebut sebagai kecelakaan terparah sepanjang sejarah oleh CEO Tesla Motor, Elon Musk. Sebelumnya, kecelakaan ini diperkirakan terjadi karena buruknya cuaca saat penerbangan, namun ada beberapa penemuan yang mengarahkan kecerobohan manusia sebagai penyebabnya. Hingga kini, penyelidikan masih berlangsung untuk mendapatkan data-data selengkapnya mengenai penyebab kecelakaan pesawat cessna ini.

Kesalahan manusia memang menjadi mayoritas penyebab terjadinya kecelakaan. Tidak menampik bahwa kecelakaan juga terjadi karena adanya faktor eksternal, seperti masalah teknis atau sebagainya, tapi penelitian terkini menyebutkan bahwa hampir 90 persen, kecelakan terjadi karena faktor kecerobohan manusia. Kecelakaan karena kecerobohan manusia bukan hanya terjadi pada transportasi darat saja, tapi juga transportasi udara dan air.

(Sumber: treehugger)