Qatar-Korsel Jadi Tuan Rumah UNFCCC 2012

By , Kamis, 1 Desember 2011 | 16:44 WIB

Qatar dan Korea Selatan sepakat untuk menjalin kerjasama setelah terpilih sebagai tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim PBB (UNFCCC) untuk tahun 2012. Konferensi tersebut secara resmi akan jadi seri ke-18 dari Konferensi Para Pihak UNFCC.

Sekaligus jadi pertemuan seri ke-8 dari Konferensi Para Pihak dari Protokol Kyoto (COP 18/CMP 8). Qatar akan menjadi tuan rumah di 26 November sampai 7 Desember 2012. Sedangkan Korsel akan menggelar pertemuan para Menteri sebagai persiapan untuk COP 18/CMP 8.

Penunjukkan kedua negara ini resmi dilakukan dalam UNFCC 2011 yang tengah berlangsung di Durban, Afrika Selatan, Kamis, 1 Desember. "Saya ucapkan selamat pada kedua negara atas komitmen mereka untuk bekerjasama jelang dan selama COP," ujar Sekretaris Eksekutif UNFCCC Christiana Figueres.

"Kedua negara adalah pemimpin dalam caranya masing-masing dan bisa menghasilkan sinergi kuat untuk menempatkan dunia dalam jalur iklim yang lebib baik."'

Qatar terpilih setelah menunjukkan keseriusan untuk membantu negara berkembang agar bisa beradaptasi dengan perubahan iklim yang tak terelakkan. Sedangkan Korsel dianggap sebagai juara soal konsep ekonomi hijau. Sebagai bentuk tuan rumah yang baik, Qatar dan Korsel akan membuat agenda bersama untuk promosi dan implementasi agenda ramah lingkungan. (Sumber: Travel News)