Kuda Nil Kerdil Langka Terekam Kamera Video

By , Rabu, 21 Desember 2011 | 15:31 WIB

Tim peneliti Fauna and Flora International bekerja sama dengan Zoological Society of London dan Forestry Development Authority of Liberia berhasil menemukan keberadaan langka kuda nil kerdil Liberia atau Liberian Pygmy Hippopotamus di wilayah Liberia, persisnya di Taman Nasional Sapo.

Kenampakan sekilas dari spesies bernama Latin Choeropsis liberiensis tersebut tertangkap oleh camera traps. Kamera semacam ini memang digunakan untuk penelitian hewan langka. Ini merupakan pertama kalinya rekaman kuda nil kerdil Liberia liar didapatkan.

Untuk melihat tayangan video tersebut

<iframe width="430" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/9NLOoirbRok" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Status kuda nil kerdil cukup kritis dan terancam punah. Saat ini hanya sekitar 2.000 kuda nil kerdil dianggap tersisa di alam bebas, di mana mereka masih ditemukan hidup di area hutan Upper Guinea, yang meluas melalui Pantai Gading, Guinea, Liberia, serta Sierra Leone.

Sedikit yang diketahui mengenai hewan-hewan malam, dan para peneliti berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang kuda nil sehingga mereka dapat mengembangkan lebih banyak rencana aksi konservasi selanjutnya. (Sumber: BBC, Tree Hugger)