Ratusan Wisatawan Hadiri Pesta Danau Toba 2011

By , Jumat, 30 Desember 2011 | 11:04 WIB

Ratusan wisatawan hadir meramaikan Pesta Danau Toba sedari awal dibuka pada Selasa (27/12) lalu di Parapat, Simalungun, Sumut. Kesenian lokal yang ditampilkan di dalam festival-festival Pesta Danau Toba 2011 menjadi magnet yang menarik wisatawan.

Pesta yang merupakan agenda tahunan Provinsi Sumatera Utara serta Kementerian Pariwisata bersama Ekonomi Kreatif ini diharapkan memang dapat sekaligus ajang promosi bagi Toba, untuk meningkatkan kunjungan dari wisatawan domestik maupun mancanegara ke Sumut.

Selain itu, sebagaimana diutarakan Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, perhatian dari Pesta Danau Toba 2011 ini adalah seputar masalah lingkungan. "Komitmen mengenai penghijauan dan kebersihan Danau Toba. Agar keindahan Toba tetap terjaga," katanya dalam pembukaan acara.

Pesta yang berlangsung hingga hari ini, Jumat (30/12) ini diisi dengan bermacam-macam atraksi tari daerah, lomba seni budaya, festival suling, balap sepeda, parade perahu hias, lari 10 kilometer, renang, serta opera Batak.

Peserta festival berasal dari beberapa daerah, antara lain Simalungun, Tapanuli Utara, Labuhan Batu Utara, Tobasa, Labahan Batu, Dairi, Humbahas, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai.