Setiap Daerah Perlu Punya Peta Bencana

By , Senin, 5 Maret 2012 | 09:13 WIB

Berbagai bencana alam di Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa. Rata-rata dari tahun 2002 hingga sekarang, telah lebih 50 persen kejadian bencana terjadi di Jawa.

Demikian hasil penelitian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai kerentanan wilayah Pulau Jawa sebagai daerah rawan terkena bencana di Indonesia. Penelitian ini juga menyimpulkan agar setiap kabupaten/kota terutama yang berada di Pulau Jawa diminta segera membuat peta bencana.

"Peta bencana diperlukan untuk mengetahui detail bahaya di berbagai daerah, sehingga dapat meminimalisasi risiko (bencana) terburuk," ujar juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Ini juga sangat penting untuk mendeteksi potensi bencana di tiap daerah.

BNPB sudah membuat peta bencana yang berskala nasional, tapi menurut Purwo, pemerintah dari masing-masing daerah yang kini harus merincinya.

Sayangnya, pemerintah daerah sering mengabaikan kebutuhan penyusunan peta bencana. Ia mengungkapkan, saat ini masih banyak pula daerah yang tidak memiliki BPBD untuk mengelola teknis kebencanaan.