2050, Bumi Memanas 3 Derajat Celcius

By , Selasa, 27 Maret 2012 | 08:05 WIB

Kurang dari 40 tahun mendatang, Bumi diperkirakan akan bertambah panas hingga tiga derajat Celsius. Kenaikan suhu sebesar ini cukup mengkhawatirkan karena akan membawa dampak kemanusiaan yang besar.

Menurut The Stern Review on the Economics of Climate Change yang terbit tahun 2006, kenaikan suhu tiga derajat Celsius membuat 550 juta orang terancam kelaparan. Sedangkan 170 juta lainnya akan didera bencana banjir dan setengah dari spesies di dunia akan punah.

Prediksi suhu ini sendiri disimpulkan setelah sekelompok peneliti dari University of Oxford, Inggris, melakukan percobaan dengan menggunakan komputer. Parameter yang digunakan dalam percobaan ini melibatkan tiga faktor. Di antaranya sensitivitas iklim untuk berubah terhadap konsentrasi karbon dioksida di atmosfer, tingkat penyerapan lautan terhadap panas dari atmosfer, dan jumlah pendinginan dari aerosol yang melayang di atmosfer.

Dari 10.000 simulasi, ditunjukkan jika suhu rata-rata global menuju arah peningkatan sebesar 1,4 - 3 derajat Celcius. Hasil ini, menurut Isaac Held sebagai peneliti iklim dari National Oceanic and Atmospheric Administration di Princeton, berjasa besar untuk analisis perubahan iklim di masa depan.

"Saya rasa, saat ini orang akan mulai tertarik untuk meneliti lebih dalam," kata Held, Minggu (25/3).