Karya Poster Film Indonesia Klasik Dipamerkan

By , Selasa, 27 Maret 2012 | 00:24 WIB
()

Sederetan poster artistik dipajang dalam ruangan Galeri Cipta 3 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Beberapa judul yang dituliskan pada poster berbunyi, "Catatan Si Boy", "Harimau Tjampa", hingga ada juga yang "Sundel Bolong". Poster dari berbagai film tersebut merupakan karya komunitas Gambar Selaw, drawing club yang berbasis di Jakarta Selatan ini telah berdiri September 2011 dan terdiri dari kumpulan anak-anak muda sekaligus pecinta film.

Puluhan poster ilustrasi yang dipamerkan adalah hasil reinterpretasi kreatif para anggota komunitas terhadap sejumlah film klasik, yang sudah melalui kurasi dari Ade Darmawan.

Suasana pameran poster film klasik Indonesia. (Gloria Samantha/NGI)

Di samping dipamerkan, poster-poster itu dijual pula dan hasil penjualan menjadi bagian dari program Publik untung Ruang Publik (PuRP), yaitu program penggalangan dana bagi biaya operasional Kineforum serta biaya pendukung aktivitas Gambar Selaw.

Menurut Amalia Sekarjati, Publicist Kineforum, program ini merupakan salah satu cara menjaga keberlanjutan Kineforum sebagai suatu ruang eksibisi, apresiasi, dan dialog bagi pembuat dan penonton film, khususnya film yang alternatif di luar mainstream--yang tidak mencari keuntungan secara finansial di Jakarta.

Pada tahun-tahun sebelumnya, ia menjelaskan kembali, Kineforum selalu mengadakan pameran mengenai jejak perkembangan sejarah bioskop dan sinematografi tanah air. Namun, karena bahan pameran kali ini butuh riset lebih mendalam serta pembaharuan, kegiatan pameran hanya diisi dengan pameran poster film.