Diculik, Dikejar Hiu dan Anjing, Penguin Ini Selamat

By , Senin, 16 April 2012 | 22:02 WIB

Dirk, seekor fairy penguin (Eudyptula minor) berusia tujuh tahun yang diculik dari sebuah taman laut di Australia berhasil diselamatkan dan kembali ke sangkarnya. Tetapi, dalam perjalanannya, ia sempat dikejar-kejar anjing dan kemungkinan pula ikan hiu. Untungnya, saat ditemukan oleh sepasang turis di sebuah muara dangkal, penguin kecil ini sangat kelelahan, namun dalam kondisi baik.

“Mereka mendengar suara pergumulan di air dan penguin ini kemudian keluar ke arah pantai,” kata Trevor Long, Director of Marine Science, Sea World, Queensland, Australia. “Mengetahui kejadian tak lazim, pasangan itu kemudian melakukan googling lewat iPhone mereka dengan keywordlost penguin’ dan menemukan berita terkait penculikan penguin di Sea World lalu melaporkannya pada kami,” ucapnya.

Menurut Long, pasangan itu menyaksikan Dirk dikejar-kejar oleh hewan lain (kemungkinan ikan hiu) sampai keluar dari air. Sayangnya, ia kemudian terpaksa harus lari kembali ke air karena dikejar-kejar anjing. Untungnya, petugas Sea World berhasil menyelamatkan penguin yang malang tersebut. “Kalau terlambat, Dirk akan berada dalam bahaya besar,” ucapnya.

Penguin yang belum pernah hidup di alam bebas dan merupakan bagian dari koloni pembiakan itu kemudian dipertemukan kembali dengan Peaches, pasangannya. “Penguin-penguin ini kawin untuk meneruskan keturunan, inilah mengapa sangat penting untuk menemukannya kembali,” kata Long.

Polisi kemudian menjerat ketiga penculiknya dengan tuduhan penerobosan tanpa izin, pencurian, dan menyimpan hewan dilindungi secara ilegal. Penculik berusia 18, 20, dan 21 tahun itu mengaku pada polisi bahwa mereka telah melepaskan Dirk di Broadwater, kawasan perairan yang terkenal banyak dihuni ikan hiu. Kini, Dirk tengah memulihkan kesehatannya.