DIY Tuan Rumah Konferensi Kanker Anak Internasional

By , Selasa, 17 April 2012 | 15:12 WIB

Provinsi DIY akan menjadi tuan rumah International Pediatric Oncology atau kongres internasional  perawatan kanker pada anak.  Kongres ini akan  melibatkan 29 negara dan  akan dilaksanakan pada 21-24 April di Hotel Sheraton, Yogyakarta.

Dokter ahli anak RSUP Dr. Sardjito, Sutaryo, mengatakan, para ahli kanker tingkat dunia akan berkumpul dan akan berbagi pengalaman dalam penanganan kanker di negaranya. Para ahli ini berasal dari Oman, Yordania, Iran, India, Jepang, dan Korea.

Tema yang diangkat dalam kongres tersebut adalah optimalisasi perawatan kanker anak di negara dengan keterbatasan sumber daya.  "Tema tersebut dipilih karena Indonesia mempunyai pusat kanker anak di RS Sardjito yang dikenal di dunia. Harapannya, kemampuan negara berkembang dalam  menyembuhkan kanker anak bisa sejajar negara maju," ujar Sutaryo di  RSUP Dr. Sardjito, Selasa (17/4).

Ia melanjutkan, ternyata Indonesia mampu menyembuhkan kanker pada anak. Hal ini karena didukung karena perawatan, tim dokter, dan tim laboratorium yang capable termasuk dukungan dari rekanan.

Keunggulan dari penyembuhan kanker anak di Indonesia khususnya di RSUP Dr. Sardjito adalah dari protokol atau metode pengobatan susunan obat. "Keunggulan metode ini adalah lebih murah atau seperduapuluh kali lebih murah dibanding negara asing dengan efek samping obat lebih ringan," katanya.