Srikandi B2W Indonesia Gowes Sepanjang 588 km.

By , Selasa, 24 April 2012 | 20:13 WIB

Sebanyak 21 wanita yang tergabung dalam Srikandi B2W (Bike to Work) Indonesia bergowes ria dengan menempuh jarak 588 km. Gowes ini berlangsung dari 21 April-27 April 2012 dengan mengambil start di Jepara-Solo-Yogyakarta-Gombong-Majenang-Tasikmalaya-Bandung.

Kegiatan yang bertajuk "Inspirasi Bagi Negeri" ini dilakukan untuk memperingati Hari Kartini pada 21 April lalu. Ketua Rombongan Tense Manalu mengatakan, kegiatan bersepeda ini untuk membuktikan bahwa bersepeda tidak hanya milik kaum lelaki saja. Semangat Kartini menginspirasi mereka untuk terus meningkatkan emansipasi wanita, salah satunya adalah bersepeda.

"Kegiatan ini juga sebagai  kampanye kami untuk mengenalkan sepeda sebagai alat transportasi alternatif," papar Tense di Yogyakarta, Selasa (24/4).

Ia melanjutkan, dalam rangkaian gowes ini,mereka akan mengunjungi makam-makam pahlawan perempuan. Seperti makam Nyai Ahmad Dahlan di Yogyakarta dan makam Dewi Sartika di Bandung.

Staf Ahli Walikota Yogyakarta Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hadi Mochtar, menjelaskan, tim sepeda ini memiliki semangat RA Kartini dan semangat pantang menyerah dari Dewi Sartika.

"Dengan kegiatan ini, saya percaya jumlah pemakai sepeda akan meningkat sehingga akan meningkatkan kualitas hidup manusia," kata Hadi.