Nostalgia dan Romantisme Bandung Baheula

By , Kamis, 26 April 2012 | 09:00 WIB

Suasana Bandung tempo dulu akan dimunculkan kembali di Kota Baru Parahyangan dalam gelaran Bandung Mooi: Festival Bandung Baheula. Festival yang akan diselenggarakan pada 28-29 April 2012 ini berupaya untuk mengangkat kearifan lokal dan penerapan budaya di kota Bandung yang mulai hilang. Kali ini, Kota Baru Parahyangan yang menjadi penyelenggara mengajak berbagai komunitas kreatif dan komunitas baheula untuk meramaikan acara ini.

“Pengadaan acara ini diharapkan dapat mengangkat nostalgia dan romantisme kota Bandung sebagai Parijs Van Java,” kata Marketing Manager Kota Baru Parahyangan, Raymong Hadipranoto yang ditemui saat konferensi pers, Rabu (25/4).

Dalam festival tersebut, akan hadir 50 komunitas dan 100 pengisi acara yang membawa suasana Bandung zaman dulu. “Di Kota Baru Parahyangan juga ada komunitas ekspatriat yang akan berpartisipasi, agar mereka tahu bagaimana kota Bandung zaman dahulu,” tambah Raymond.

Komunitas yang turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya adalah komunitas radio jadul (jaman dulu), komunitas perangko dan uang kuno, paguyuban sepeda baheula, komunitas mobil dan motor antik. Selain itu, untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan gambaran tentang kota Bandung di zaman dulu, ada talkshow dari beberapa sejarawan kota Bandung.