3.000 KM, Perjalanan Serigala Ini Mencari Pasangan

By , Selasa, 1 Mei 2012 | 23:44 WIB

Seekor serigala yang menjadi pusat perhatian karena menjadi hewan pertama dari spesiesnya yang ditemukan di alam bebas di California, Amerika Serikat, dalam 80 tahun terakhir, telah kembali ke habitatnya di Golden State. Dalam perjalanannya mencari pasangan, serigala abu-abu yang diberi nama OR7 oleh para peneliti pemerhati lingkungan, telah berjalan lebih dari 3.219 kilometer dari kawasan timur laut Oregon, September lalu, menuju ke selatan. Di mana dia singgah di California pertama kali pada akhir Desember 2011.

Menurut Karen Kovacs, Wildlife Programme Manager, California Department of Fish and Game, hewan yang telah kembali ke Oregon awal Maret lalu itu ternyata kembali ke California dan menjelajah hutan di kawasan utara Siskiyou County. Serigala muda seperti OR7, yang menginjak usia tiga tahun memang harus meninggalkan kampung halaman orang tuanya untuk mencari pasangan betina dan bereproduksi. Pasalnya, hanya pasangan dominan di tiap kumpulan serigala saja yang melangsungkan perkawinan.

“Yang terjadi adalah, mereka pergi mencari cinta. Dan jika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan terus dan terus berjalan, karena mereka yakin bahwa cinta yang mereka cari ada di balik bukit itu,” kata Ed Bangs, pakar serigala dari US Fish and Wildlife Service yang mempelopori reintroduksi serigala ke 48 negara bagian Amerika Serikat, pada tahun 1990-an. “Serigala itu tak akan berhenti berjalan sampai ia mati atau menemukan cinta,” ucapnya.

OR7, yang telah dipasangi alat pelacak menjadi pusat perhatian dunia setelah memasuki wilayah California pada pertama kali, 28 Desember lalu. Ia merupakan serigala liar pertama di negara bagian tersebut sejak terakhir kali seekor serigala terperangkap dan terbunuh di tahun 1924 lalu. Dalam perjalanannya, ia berjalan melewati pegunungan, menyeberangi sungai, serta jalan raya. Padahal, sebagian besar serigala hanya menempuh kurang dari 161 kilometer saat mereka pergi mencari teritori baru dan mencari pasangan.

Sekitar selusin serigala abu-abu, hewan yang masuk ke daftar spesies terancam punah, diketahui telah menempuh perjalanan sekitar 290 kilometer atau lebih sejak mereka diperkenalkan kembali di dataran Amerika Serikat. Bahkan, seekor serigala betina diketahui telah menempuh jarak 4.828 kilometer pulang-pergi dari Wyoming.

“OR7 kemungkinan memilih arah yang salah dan menuju California, di mana tak satupun makhluk sesamanya diketahui hadir di alam bebas,” kata Bangs. “Ia tidak tahu bahwa tak ada satupun cinta untuknya di kawasan selatan,” ucapnya.