Festival Teluk Jailolo, Perayaan Melimpahnya Rempah Maluku

By , Jumat, 4 Mei 2012 | 16:09 WIB

Untuk keempat kalinya, Festival Teluk Jailolo (FTJ) kembali digelar di Ibukota Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. FTJ 2012 mengambil tema The Amazing Golden Spice Islands dan dimulai pada 14 hingga 19 Mei 2012 mendatang.

Tema ini diambil sebagai penggambaran melimpahnya rempah di Maluku Utara. Wilayah ini bahkan membuat bangsa-bangsa Eropa di abad ke-15 menjelalahi setengah bumi hanya untuk mencari dan menemukan the golden spice.

Dalam jumpa pers bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Dr. Sapta Nirwandar di Gedung Sapta Pesona, Jumat (4/5), dikatakan ada empat acara besar untuk FTJ 20120. Yakni Golden Spice Adventure, Cultural Party, Sigofi Ngolo “Ritual Laut”, dan Cabaret On The Sea sebagai puncak acara.

Golden Spice Adventure (Parade Rempah) akan digelar pada 17 Mei 2012, menampilkan ratusan petani rempah dari seluruh wilayah Halmahera Barat dengan pakaian adat. Mereka berkumpul bersama dalam satu parade besar untuk memamerkan rempah-rempah.

Pada kesempatan itu diselenggarakan spice trip di mana pengunjung dapat menikmati sisa-sisa kejayaan bumi rempah Maluku. Kemudian, di hari yang sama digelar acara Ritual Laut "Sigofi Ngolo" berupa upacara bersih laut yang melibatkan Kesultanan Jailolo.

FTJ 2012 juga dimeriahkan Pesta Adat Masyarakat Jailolo pada 18 Mei 2012. Pada acara ini  masyarakat Jailolo bersama pengunjung akan mengadakan acara bakar ikan sebanyak sepuluh ton sepanjang enam kilometer di pinggir laut Teluk Jailolo.

Puncak FTJ 2012 adalah Cabaret on The Sea yang akan berlangsung pada 19 Mei 2012. Acara ini merupakan pertunjukan kontemporer yang memadukan unsur tarian tradisional, musik tradisional, drama, dan koreografi. Semua berakarkan kebudayaan masyarakat Jailolo sebagai persembahan masyarakat Kabupaten Halmahera Barat kepada para tamu.