Pasar Malam Indonesia Diminati Warga Belanda

By , Selasa, 15 Mei 2012 | 16:02 WIB

Pasar malam Indonesia yang digelar di Belanda setiap tahunnya banyak diminati oleh warga asing. Biasanya dalam pasar malam tersebut, kebudayaan Indonesia akan ditampilkan. "Daya tarik pasar malam Indonesia di negara Belanda  sangat tinggi. Bahkan dalam waktu empat hari bisa menarik 27.600 pengunjung," ujar Duta Besar Indonesia Untuk Belanda, Retno Marsudi, saat berkunjung ke Yogyakarta, Senin (14/5).

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Retno mengatakan bahwa pihaknya akan meminta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk bisa berpartisipasi dalam pasar malam Indonesia ke-3 pada Maret 2013 di Belanda. Partisipasi ini di antaranya menyangkut soal kebudayaan dan pariwisata yang berhasil dikembangkan di Yogyakarta.

Dirinya menilai bahwa Yogyakarta telah berhasil mengembangkan lambang pariwisata dan kebudayaan di mata internasional. "Dengan keterlibatan Yogyakarta, kami berharap warga asing makin termotivasi untuk melihat kebudayaan negara Indonesia. Dengan demikian, kekayaan budaya Indonesia makin dikenal warga asing," paparnya.

Tak hanya meningkatkan citra bangsa, dengan pameran budaya dan wisata ini, Indonesia juga terbantu untuk melakukan promosi wisata budaya. "Sultan Hamengku Buwono X juga menyambut baik kerjasama kebudayaan Indonesia-Belanda ini," tambahnya.

Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DY mengatakan, kedatangan duta besar Indonesia untuk Belanda memang bermaksud untuk menjalin kerjasama di bidang pariwisata dan kebudayaan. Sultan berharap, kerjasama serupa terus ditingkatkan untuk mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Indonesia.