Borobudur Interhash 2012 : Tingkatkan Promosi Wisata Indonesia di Kancah Internasional

By , Minggu, 27 Mei 2012 | 16:05 WIB

Event bertajuk internasional Borobudur Interhash 2012 yang berlangsung di Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah, Sabtu (26/5) diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata di  Indonesia. Sementara itu, pemerintah menargetkan, tahun 2012 ini, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai delapan juta orang.

"Interhash kali ini dihadiri oleh 4.800 peserta dari 50 negara di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia telah berhasil menyelenggarakan event ini," papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mari Elka Pangestu.

Mari Elka menjelaskan event interhash tahun ini sangat tepat dilaksanakan di Candi Borobudur karena masih menampilkan sejarah, budaya, alam, serta kehidupan masyarakat. Dengan melihat langsung, wisatawan mancanegara dapat belajar tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia seperti tarian adat, tradisi, dan kebudayaan lokal lainnya.

Event internasional, lanjutnya, juga turut mengubah pandangan wisatawan mancanegara bahwa Indonesia memiliki banyak daerah tujuan wisata selain Bali. "Harapannya destinasi wisata tidak hanya terpusat di Bali melainkan seluruh daerah di Indonesia," kata Mari Elka yang menambahkan jumlah wisatawan mancanegara hingga saat ini mencapai 2 juta orang.

Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono saat di Yogyakarta, Jumat (25/5), pun berharap event-event internasional ini dapat meningkatkan promosi pariwisata di Indonesia.