Spesies Baru: Snubby "Si Monyet Bersin"

By , Jumat, 1 Juni 2012 | 16:00 WIB

Monyet berhidung pesek dengan nama latin (Rhinopithecus strykeri), yang ditemukan di Myanmar, dikukuhkan menjadi salah satu jenis spesies baru pada tahun 2011.

Sebuah Institut Internasional untuk Eksplorasi Spesies di Arizona State University (ASU) bekerja sama dengan badan taksonomi internasional mengumumkan, sepuluh spesies baru yang ditemukan dan secara resmi telah diakui pada tahun sebelumnya.

Pengumuman spesies baru ini dilakukan setiap tahun per tanggal 23 Mei. Di mana tanggal ini bertepatan dengan hari ulang tahun Carolus Linnaeus, bapak yang mengembangkan sistem nama ilmiah bagi tumbuhan dan hewan, lebih dari 250 tahun yang lalu.

Para ilmuwan mengulik informasi tentang "Snubby" si monyet spesies baru ini dari para  pemburu di pedalaman hutan di Kachin, Myanmar Utara. Penduduk Myanmar menyebut monyet ini dengan Mey Nwoah (monyet berwajah terbalik). Hal ini dikarenakan bentuk hidung unik yang dimiliki Snubby.

Sebelumnya monyet berhidung pesek jadi buruan warga Myanmar untuk dijadikan santapan sehari-hari. Snubby, si monyet bersin, memiliki karakteristik unik yaitu bibirnya berdaging, hidung terbalik, dan memiliki pernapasan yang aneh.

Dikatakan aneh, karena ketika air hujan jatuh pada hidungnya maka seketika itu juga monyet ini bersin. Untuk menyiasatinya maka ketika hari hujan, basah, dan lembab monyet ini sering menyelipkan kepalanya di antara lutut.

"Kalau bukan kita yang memperkenalkan tentang keanekaragaman hayati dengan membuat spesies tersebut dikenal, memberikan mereka nama sebagai penghargaan atas keunikan yang dimiliki, dan juga sebagai kontribusi pada keanekaragaman evolusioner dan ekologi, kita tidak dapat mengharapkan orang untuk menghargai mereka," tulis Quentin Wheeler, Direktur ASU.

"Manusia saat ini juga perlu diingatkan bahwa ini hanyalah satu dari 12 juta spesies makhluk hidup," jelas Wheeler.

Selain Snubby, para ilmuwan dari Arizona Statae University (ASU) juga mengumumkan sembilan jenis spesies baru lainnya yang ditemukan sepanjang tahun 2011 dan dikukuhkan namanya tahun ini.

Spesies baru lainnya itu antara lain ubur-ubur kotak (Tamoya ohboya), cacing setan (Halicephalobus mephisto), anggrek malam (Bulbophyllum nocturnum), tawon parasit (Kollasmosoma sentum), jamur kotak SpongeBob (SpongeBob SquarePants), bunga poppy Nepal (Meconopsis autumnails), kaki seribu raksasa (Crurifarcimen vagans), kaktus berjalan (Diania cactiformis), dan tarantula biru (Pterinopelma sazimai).