Proxy Nokia Ringkas Data Internet Hingga 15 Persen

By , Senin, 9 Juli 2012 | 23:22 WIB
()

Bertempat di Taman Impian Jaya Ancol, Nokia secara resmi merilis Nokia Asha, telepon seluler berlayar sentuh penuh terbaru yang ditujukan bagi kalangan muda, Senin (9/7).

Disebut demikian karena seri ini mengunggulkan sistem kompresi data saat menjelajahi dunia maya. Sehingga tidak hanya mempercepat koneksi internet, namun juga memangkas konsumsi data dan pengeluaran biaya internet, serta menghemat penggunaan daya.

"Ponsel ini melengkapi kebutuhan anak muda metropolitan akan sebuah perangkat dengan harga terjangkau yang stylish, dilengkapi pengalaman internet paling handal yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan teman-teman, dunia musik, dan ratusan ribu aplikasi menarik," ungkap Martin Chirotarrab, Presiden Direktur Nokia Indonesia.

Dengan ber-platform S40, Asha merupakan seri ponsel yang ditujukan untuk memberikan pengalaman layaknya pengguna ponsel pintar bersistem operasi. Pada panel muka tersedia menu yang dapat di-swipedown, berfungsi sebagai akses cepat ke beberapa fitur, yang dapat diubah sesuai kebutuhan seperti telepon, pesan singkat, aplikasi jejaring sosial terintegrasi, dan pengaturan koneksi internet. Tersedia juga aplikasi surat elektronik (surel) dengan fitur push notification.

311, salah satu tipe dari seri Asha, mampu bertahan hingga 32 hari pada posisi standby. (Nokia)

Masuk ke bagian dalam, pengguna akan disuguhkan berbagai pilihan aplikasi multimedia; pemutar video, musik, foto, dan game. Melalui Ovi Store, pengguna diberikan kesempatan untuk mengunduh 40 game resmi keluaran perusahaan multimedia ternama Electronic Arts (EA) dan beragam koleksi lagu legal secara cuma-cuma dalam jangka waktu tertentu melalui Ovi Music.

Untuk kebutuhan navigasi Nokia pun menghadirkan Nokia Maps. Berbeda dari ponsel pintar lainnya, pada Nokia seri ini data peta telah dibenamkan ke dalam ponsel, sehingga pengguna dapat menghemat penggunaan data internet saat menjelajahi informasi geografis.

Bagi para pengembang aplikasi, Nokia pun telah menyediakan API Nokia Maps, sehingga siapapun dapat membuat aplikasi pemetaan sendiri berdasarkan API tersebut.

Seri ini telah dirilis dalam tiga tipe: 305, 306, dan 311. Spesifikasi lebih lengkap dari seri ini dapat dilihat di situs web resmi Nokia.