Extreme SSD, Drive Berkecepatan 10 Kali Hard Disk Konvensional

By , Selasa, 10 Juli 2012 | 18:59 WIB
()

SanDisk Corporation meluncurkan Solid State Drive (SSD) berkinerja tinggi untuk retail dengan nama SanDisk Extreme SSD, Selasa (10/7). Drive berwujud solid ini memiliki kecepatan 72.000 RPM, artinya sepuluh kali lebih cepat dibanding hard disk konvensional.

Selain itu jika dipasang di personal computer (PC) dan netbook akan membuat booting sistem operasi lebih cepat, kurang dari 16 detik. Sehingga memberi pengalaman pengguna yang lebih baik secara signifikan.

Drive ini juga hemat daya. SanDisk mengklaim SSD ini hanya mengonsumsi listrik 30 persen lebih rendah dibandingkan hard disk drive. Suara dan panas yang dihasilkan pun lebih minim. Sedangkan untuk penyimpanan data, SSD ini membuat proses read hingga 550 megabyte per detik dan write hingga 520 megabyte per detik. Kapasitas yang disediakan mulai dari 120 hingga 480 gigabyte.

"Ekstrem SSD merupakan drive standar industri," kata Regional Director South East Asia and ANZ SanDisk Peter Mah, di Grand Manhattan Club, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/7).

SanDisk USB Cruzer Pop, diciptakan dalam bentuk yang stylish dan berwarna sesuai selera anak muda. Bentuknya tipis dengan kapasitas mulai dari empat gigabyte hingga 32 gigabyte. Produk ini diluncurkan Selasa (10/7) di Hotel Borobudur, Jakarta. (Zika Zakiya/NGI)

Ditambahkan Director APAC Product Marketing SanDisk Hon Wai Cheah, Extreme SSD membuat waktu tunggu komputer menjadi masa lalu. Boot dan shutdown bisa dilakukan dalam waktu singkat dan peluncuran aplikasi pun bisa lebih cepat. "Ini adalah peningkatan yang sangat besar dalam pengalaman komputansi," kata Hon.

Selain meluncurkan Extreme SSD, SanDisk juga merilis empat USB terbaru dan satu memory card. Keempat USB tersebut di antaranya Extreme USB, Cruzer Glide, Cruzer Pop, dan Cruzer Face. Sedangkan SanDisk Extrem Pro Micro SDHC UHS-I menjadi memory card yang diperkenalkan.

SanDisk Extrem Pro Micro SDHC UHS-I diperuntukkan bagi pengguna ponsel cerdas dan tablet. Ideal untuk aplikasi mobile games, email, foto, dan video high definition.

"Memory card ini diciptakan mengingat pertumbuhan smartphone dan tablet sangat progresif di Indonesia," kata Mah yang menambahkan jika ini adalah memory card dengan proses read dan write tercepat di dunia.