Rekor Dunia “Russtralia” Bermobil

By , Kamis, 9 Agustus 2012 | 11:18 WIB
()

Pekan lalu (3/8), off-roader Reiner Zietlow menyambangi KM 13,5 Karangtengah, Tangerang, Banten, dalam perjalanan panjang lintas benua, yang mengeksekusi jalur sepanjang tidak kurang dari 23.000 kilometer. Start dilakukan di Melbourne (Australia) dan akan berakhir di St. Petersburg (Rusia).

Kedua kota ini menjalin kerjasama sebagai sister city sejak bertahun silam dan ekspedisi ini dinamai sebagai “Russtralia”. Zietlow menggunakan kendaraan Volkswagen (VW) Touareg V6 TDI bermesin Diesel yang dipasok bahan bakar solar Pertamina Dex dan untuk wilayah Indonesia.

Lokasi yang dijelajahi dalam ekspedisi ini meliputi Kepulauan Sunda Kecil (Lesser Sunda), Jawa dan Sumatra, sebelum bertolak melewati Dumai untuk melintasi negara-negara di Asia (Malaysia, Thailand, Laos, China dan Kazakhstan).

Beberapa daerah di Nusantara memukau Zietlow yang dalam perjalanannya ditemani Vladimir Gagarin (Rusia) dan Marius Biela (Jerman). Ia mengungkap Flores dan Labuan Bajo adalah daerah yang menawan, sementara kepadatan lalu-lintas Ibu Kota membuatnya menaruh perhatian khusus.

“Masyarakat sini begitu lahir telah dihadapkan dengan kondisi jalan yang macet,” komentarnya.

Sementara Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor mengungkap, pemilihan VW Touareg dalam ekspedisi Russtralia dikarenakan, “Ketangguhannya di berbagai medan serta tidak dimodifikasi besar-besaran kecuali pembesaran kapasitas tangki bensin sampai 150 liter, pengunaan roll-bar untuk pendukung keselamatan serta peranti navigasi. Kendaraan tipe sama dapat ditemukan di pasaran.”

Suasana jumpa pers di Hotel Ibis, Jakarta Barat, sebelum kedatangan tim Russtralia, Jumat (3/8). (Dok.VW Indonesia)

Dalam jumpa pers yang berlangsung di Hotel Ibis, Jakarta, sebelum menuju lokasi keberangkatan tim ekspedisi Russtralia di jalan tol KM 13,5 Karangtengah, juga dikenalkan para penyandang dana seperti VW Das Auto, Bosch, Continental, Kuehne+Nagel, Allianz, dan Pertamina.

Dari Pertamina dikemukakan, bahan bakar yang digunakan yaitu Pertamina Dex telah memenuhi standar Euro III. Konsepnya adalah mengandung lebih sedikit sulfur namun memberikan tenaga dengan durabilitas lebih tinggi. Harapan mendasar dengan keikutsertaan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk dalam negeri.

Selamat dan sukses bagi Zietlow dan tim Russtralia untuk menggenapkan jarak 23.000 kilometer sampai ke titik akhir perjalanan di St. Petersburg, Rusia.