Gelar Ilmu UI, Pameran Hasil Riset Mahasiswa Indonesia

By , Jumat, 7 September 2012 | 11:50 WIB

Sebagai konsistensi menjadi salah satu universitas riset, Universitas Indonesia (UI) rencananya menggelar kegiatan Gelar Ilmu UI 2012, yang menunjukkan sejumlah hasil riset inovasi dari para sivitas akademika universitas tersebut.

Acara yang diberi tema "Menjadi Universitas Riset: Wujud Sumbangsih Keilmuan Universitas bagi Bangsa dan Dunia" akan memperkenalkan hasil riset UI kepada publik secara lebih luas. Diadakan pada 11-13 September mendatang di kampus Depok, Jawa Barat.

"Acara ini menyajikan ratusan karya dosen dan mahasiswa UI dari berbagai fakultas dan departemen, pencapaian selama kurun lima tahun terakhir," kata Ketua Panitia Penyelenggara Yasman yang juga Kepala Subdirektorat Riset dan Inkubator Industri UI.

Selain pameran hasil karya, seminar dan workshop juga termasuk dalam Gelar Ilmu UI. Antara lain pembahasannya akan menyangkut pengembangan riset di kampus, pertemuan hasil riset dengan dunia industri, serta penerapan HKI dalam hasil riset.

Contoh salah satunya, riset ekstrak kurkumin dengan kemurnian tinggi untuk penanganan sindrom koroner akut (gangguan pembuluh darah pada jantung) dan diabetes menjadi materi dalam sesi "Temu Bisnis Investor dan Industri". Riset ini dilakukan oleh Idrus Alwi dari Fakultas Kedokteran UI.

Kepala Subdirektorat Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat UI Agustino Zulys mengutarakan, dalam Gelar Ilmu UI 2012 pun akan ada Fun Science. Rangkaian eksperimen-eksperimen keilmuan sederhana dan menarik yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat.

"Fun Science dikemas dengan mengombinasikan konsep edukasi dan hiburan," tambah Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani. Konsep ini diharapkan mengubah persepsi riset yang rumit menjadi lebih menyenangkan.