Rp28,8 Miliar, Harga Pembuka Lelang Tulisan Tangan Einstein

By , Selasa, 9 Oktober 2012 | 14:50 WIB

Surat tulisan tangan milik fisikawan andal Albert Einstein yang berisi pandangannya mengenai keberadaan Tuhan, dilelang melalui eBay. Lelang dibuka mulai 8 Oktober 2012 hingga 10 hari ke depan. Baru saja sepuluh menit lelang dibuka, seorang penawar anonim telah membuka harga penawaran pertama sebesar US$3 juta atau sekitar Rp28,8 miliar.

Surat ini diklaim akan menjadi salah satu dokumen yang paling menarik pada abad ke-20. Dalam surat tersebut Einstein mengungkapkan kepercayaan pada agama dan Tuhan "sangat kekanakan." Ia juga menganggap lucu gagasan bahwa orang Yahudi adalah orang yang terpilih.

"Ini merupakan bagian yang paling bersejarah dan signfikan dalam daftar eBay," kata Eric Gazin, presiden Auction Cause, agen yang mengelola lelang surat tersebut.

Surat tulisan tangan Einstein ditulis di Jerman pada 3 Januari 1954, satu tahun sebelum kematiannya, yang ditujukan untuk filsuf Yahudi, Eric B.Gutkind. Sebagai tanggapan atas buku Gutkind, yang berjudul "Choose Life: The Biblical Call to Revolt".

Einstein menanggapi buku Gutkind dengan menulis "Bagi saya, Yahudi, seperti agama lainnya, merupakan sebuah penjelmaan dari mitos yang kekanak-kanakan. Bagi saya orang Yahudi tidak memiliki kualitas yang berbeda dengan yang lain. Sejauh pengalaman saya mereka juga tidak lebih baik dari kelompok manusia lainnya."

Lantas pertanyaannya apakah Einstein percaya pada Tuhan? Jawabannya bisa ya atau tidak. Karena ternyata dalam suratnya tertanggal 24 Maret 1954, Einstein menulis, "Itu tentu saja bohong apa yang Anda baca mengenai keyakinan agama saya. Kebohongan yang diulang secara sistemis. Saya tidak percaya Tuhan secara personal dan saya juga tidak pernah menyangkal. Jika ada sesuatu di dalam diri saya dapat dikatakan agama merupakan kekaguman yang tak terbatas atas struktur alam yang dapat dijelaskan melalui ilmu pengetahuan."

Surat yang ditujukan kepada Gutkind saat ini disimpan dalam keadaan yang steril. Di mana kelembaban, suhu lingkungan, dan cahaya yang dikontrol yang memang khusus untuk pemeliharaan benda-benda warisan budaya.

Meskipun surat telah diketahui para ilmuwan selama lebih dari 50 tahun, keaslian surat tidak pernah dipertanyakan. Surat tersimpan rapi di dalam amlop asli yang tertera stempel dan cap pos dari Princeton, N.J, tempat Einstein tinggal hingga menjelang akhir hayatnya.

Sebelumnya tahun 2008 pernah dilelang juga surat Eintsein mengenai Tuhan. Kala itu surat tersebut terjual seharga US$404.000 atau sekitar Rp3,8 miliar. Harga ini telah meningkat 25 kali lipat dari harga awal yang ditawarkan.