Liburan Edukatif di Suaka Orang Utan

By , Selasa, 9 Oktober 2012 | 19:58 WIB

Sangat tepat bagi keluarga dengan anak-anak, untuk berkunjung menghabiskan waktu liburan akhir pekan di Bukit Merah, Perak, Semanggol, Malaysia. Kawasan Bukit Merah menawarkan daya tarik utama pada suaka khusus orang utan di sebuah pulau yang dinamai sesuai dengan namanya, Pulau Orang Utan.

Pulau Orang Utan adalah habitat alami bagi konservasi primata ini. Lokasi Pulau Orang Utan hanya sepuluh menit dari marina, dan ditempuh menggunakan kapal feri. Dulunya pulau ini bernama Pulau Panjang, dengan total luas mencapai 35 hektare.

Pengunjung Orang Utan Island di Bukit Merah, Perak, Malaysia.

Kini dikelola Yayasan Pulau Orang Utan Bukit Merah sejak Februari 2000, sekitar 5,6 hektare area pulau ini telah dimanfaatkan untuk pelestarian sang spesies primata langka.

Menurut Nur Salwa, Public Relations Orang Utan Island, orang utan mereka berasal dari Kalimantan. "Awalnya ada empat ekor yang dibawa dari Borneo (Kalimantan), dibawa ke sini untuk dirawat dan dilestarikan," katanya kepada National Geographic Indonesia, Minggu (7/10).

"Sekarang terdapat 22 ekor orang utan di sini. Sepertiganya adalah orang utan yang masih berusia kanak-kanak, sekitar 3-4 tahun, sedangkan sisanya adalah orang utan remaja dan dewasa," Salwa kembali menjelaskan.

Anak-anak dapat berlibur sekaligus beroleh pengetahuan di rehabilitasi orang utan. (Gloria Samantha)

Selain tempat pembiakan orang utan, pulau ini juga berfungsi sebagai pusat penelitian dan pendidikan.

Bila mengelilingi area cage tunnel sepanjang kira-kira 100 meter yang dibangun menjadi tempat orang utan bersarang, akan terlihat zona pendidikan, herbs garden, serta sudut-sudut untuk observasi dan keperluan penelitian.

Spesies orang utan memiliki kemiripan 97 persen dengan manusia. Masa kehamilan orang utan betina adalah sembilan bulan, sama dengan masa kehamilan manusia. Selain itu, orang utan juga bisa bercakap-cakap, biasanya ketika memberitahukan teritorinya pada orang utan lain atau untuk menarik lawan jenis. Sebagai omnivor, orang utan makan buah-buahan, kulit kayu, bunga, madu lebah.

Masih menurut Salwa, beberapa bayi orang utan dengan kondisi tertentu juga harus mendapat perawatan khusus, di unit terpisah. Contohnya bayi yang lahir prematur, kurang berat badan, atau induknya dalam kondisi tidak sehat pascamelahirkan.

"Tujuannya disediakan Infant Care Unit (ICU) adalah untuk sarana adaptasi para orang utan yang belum dewasa ini, supaya mereka mampu bertahan hidup, dan memiliki tingkat kehidupan (survival rate) lebih tinggi," tambahnya, "Di ICU mereka akan belajar berayun di dahan pohon, mencari air bersih."

Tidak hanya Pulau Orang Utan, Bukit Merah menyempurnakan konsep pengalaman wisata edukasi lewat Ecopark. Ada pula Water Themepark, serta serangkaian aktivitas lain yang dapat dieksplorasi. Mulai dari bersepeda, memancing, kano, kayak, hingga menikmati pesiar pada saat matahari terbenam.

Akomodasi di tempat ini pun beragam dengan variasi harganya: Laketown Hotel, Kampung Air, dan Suria Service Apartment Hotel.