Lebah Rambut Pendek Kembali dari Kepunahan

By , Senin, 29 Oktober 2012 | 00:51 WIB

Lebah berambut pendek (Bombus subterraneus) merupakan spesies lebah yang cukup luas penyebarannya di seluruh kawasan selatan Inggris. Sayangnya, spesies lebah ini musnah dari kawasan tersebut sejak tahun 1988 lalu.

Beruntung, populasi lebah tersebut berhasil ditemukan hidup di alam bebas di kawasan Swedia. Dan kini, sebuah kelompok konservasionis berupaya untuk mengembalikan populasi lebah tersebut ke kampung halamannya.

“Kami telah melepaskan 100 ekor lebah berambut pendek ke alam bebas,” kata Nikki Gammans, ketua tim konservasionis Short-haired Bumblebee Project. “Ini dilakukan setelah 20 tahun lebah tersebut dinyatakan musnah dari seluruh kawasan Inggris,” ucapnya.

Sebelum dilepaskan, Gammans menyebutkan, lebah-lebah yang ditangkap pada April lalu atas izin pemerintah Swedia, ditempatkan di karantina selama beberapa pekan. “Kini, mereka telah dilepaskan di sebuah cagar alam di Dungeness, Kent, kawasan tenggara Inggris.

“Harapannya, lebah-lebah ini akan mencari makan dari bunga clover merah yang ada di cagar alam tersebut dan kemudian menyebar ke seluruh kawasan negeri,” ucapnya.

Selain di Inggris, populasi lebah berambut pendek itu sendiri telah menurun secara dramatis di seluruh kawasan Eropa dalam dua dekade terakhir. Penyebab utamanya adalah karena hancurnya habitat tempat tinggal mereka.