Usaha Pemecahan Rekor Diving di Festival Moyo 2012

By , Rabu, 31 Oktober 2012 | 15:20 WIB
()

Mulai 29 Oktober hingga 5 November 2012, Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat akan merayakan Festival Moyo. Selain di Pulau Moyo, acara ini juga akan melibatkan wilayah lain di Pulau Sumbawa, NTB.

Festival Moyo 2012 akan berisi berbagai acara yang bertujuan mengeksplorasi alam pulau seluas 349 kilometer persegi itu. Di antaranya sepeda gunung, kontes memancing, dan menyelam.

(thinstockphoto)

Khusus untuk menyelam, akan dilakukan usaha pemecahan rekor dunia untuk penyelaman terlama dengan jumlah penyelam terbanyak.

Data dari Scubarecords menyebut nama Johan Beukes sebagai penyelam terlama dengan waktu 82,5 jam. Rekor tersebut dicatatnya ketika menyelam di uShaka Marine World Aquarium, Afrika Selatan, Desember 2004.

Sedangkan untuk mengenalkan budaya setempat, akan digelar lomba kebo nange/kebo berenang, karapan kebo, lomba kano, pencak silat bahari, dan yang paling ternama dari Sumbawa: pacuan kuda. Festival juga turut diisi dengan program peduli lingkungan berupa penanaman bayi koral di Teluk Saleh.

Festival Moyo ini merupakan bagian dari prorgam Go Sumbawa 2012. Pulau Moyo sendiri dikembangkan sesuai dengan perjalanan Kabupaten Sumbawa yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Gita Ariyadi, wilayahnya ditargetkan mampu menarik target delapan juta wisatawan. Baik dalam mau pun luar negeri.