"Atlantis" Huni Rumah Baru di Florida

By , Jumat, 2 November 2012 | 17:00 WIB

Atlantis, salah satu pesawat ulang-alik milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dipindah dari Vehicle Assembly Building (VAB) di Kennedy Space Center, Florida, AS, menuju Kennedy Space Center Visitor Complex, Jumat (2/11). Lokasi rumah baru Atlantis hanya terpisah 16 kilometer dari VAB.

Atlantis termasuk satu dari lima pesawat ulang-alik NASA yang berakhir dengan cara dimuseumkan. Selain pesawat yang diambil dari nama kapal penelitian RV Atlantis itu, ada pula pesawat Columbia, Challenger, Discovery, dan Endeavour.

Penerbangan dengan pesawat ulang-alik NASA dimulai sejak 12 April 1981. Selama 30 tahun misinya, pesawat-pesawat ini membawa manusia ke antariksa, membawa dan memperbaiki satelit, penelitian, dan turut andil dalam pembangunan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Namun, AS akhirnya memutuskan menghentikan misi membawa manusia ke luar angkasa. Negara adikuasa itu mulai fokus untuk penelitian yang dianggap lebih menguntungkan dalam hal ilmu pengetahuan dan hemat anggaran.

Atlantis, pesawat dengan berat 80 ton, meluncur ke luar angkasa untuk terakhir kalinya pada 8 Juli 2011 dengan misi utama mensuplai ISS. Dia mendarat kembali di Bumi pada 21 Juli 2011. Menandai tandasnya misi Atlantis untuk selamanya.

Pesawat ulang-alik itu masuk ke dalam rumah sementaranya di VAB Kennedy Space Center. Di sini, Atlantis dipersiapkan menuju ke tujuan akhirnya: Kennedy Space Center Visitor Complex. Di mana dia akan bisa disaksikan publik mulai Juli 2013 mendatang.