Taman Kota di Jakarta Perlu Diaktifkan

By , Minggu, 4 November 2012 | 23:47 WIB

Jakarta sangat minim dalam hal taman kota yang layak. Ada sekitar 960 taman kota, besar maupun kecil, tetapi hanya 100 taman yang masih baik dan dapat dinikmati warga Jakarta. Untuk itu, taman kota perlu diaktifkan kembali.

Ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Catharina Soeryowati, saat acara kampanye publik bertajuk "Revealing Hidden Park" di Taman Langsat, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11), dalam rangka Hari Tata Ruang 2012.

Kampanye publik Hidden Park tersebut merupakan kegiatan kreatif yang bertujuan menggalakkan kembali taman-taman ibu kota melalui instalasi seni tematik juga agenda-agenda yang bersifat edukatif dan menghibur.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, sudah saatnya dibudidayakan gaya hidup bertaman, sebagai salah satu langkah agar taman dapat lestari. "Kalau saja taman menjadi tempat warga terbiasa beraktivitas sehari-harinya, tentu ada rasa memiliki sehingga pelestarian taman lebih berjalan," ujarnya.

Menurut Catharina, pihaknya kini berupaya meningkatkan fungsi pemanfaatan taman kota sebagai ruang terbuka hijau sekaligus ruang publik yang mewadahi aktivitas warga. "Sudah sepuluh taman diprioritaskan, akan diperbaiki kondisi lingkungannya dan dilengkapi fasilitasnya," tambahnya.