Menyibak Kalbar dalam Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun

By , Senin, 3 Desember 2012 | 14:03 WIB
()

Bulan Desember sudah datang. Beragam persiapan untuk merayakan akhir tahun mulai dilakukan. Jika Anda berencana untuk pelesir ke wilayah berbeda tahun ini, tidak ada salahnya melongokkan kepala ke wilayah Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Mulai 12 hingga 15 Desember 2012, akan digelar Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun (FDS-BK) kedua. Sesuai dengan namanya, festival ini digelar untuk melestarikan kerayaan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan Betung Kerihun.

Masuk tahun kedua dalam perayaannya, FDS-BK ke-II akan berisi jelajah TNDS, upacara adat multi-etnis, dan pameran potensi pariwisata dan budaya. Sementara untuk perlombaan-perlombaan meliputi lomba lagu daerah (Dayak dan Melayu), lomba tari daerah (Dayak dan Melayu), lomba berbalas pantun, lomba perahu, lomba pangkak gasing, lomba sumpit, dan pemilihan "Bujang Dara Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu."

Perfect mirror of Bukit Semujan, salah satu ikon Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat. (Widhibek/Fotokita.net)

Kegiatan dan perlombaan akan dilaksanakan di halaman Kantor Camat Batang Lupar, Gedung Serba Guna, Balai Adat, dan Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu Alexander Rombonang, pelaksanaan FDS-BK secara rutin dimaksudkan sebagai momentum kebangkitan dunia pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata, baik alam dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan. Sehingga melalui karya seni dan budaya ini akan mendapat apresiasi dari seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam rangka mempererat rasa kesatuan dan persatuan, memupuk kebersamaan, serta merajut tali persaudaraan menuju Kapuas Hulu yang aman, damai, berbudaya dan sejahtera.

Untuk bisa menuju ke lokasi festival, Anda bisa menggunakan jalur darat dari Pontianak-Putussibau-Lanjak. Atau melalui jalur udara dari Pontianak ke Putussibau, dilanjutkan perjalanan darat ke Lanjak.