Jakarta Berlimpah Perayaan di Malam Tahun Baru

By , Kamis, 27 Desember 2012 | 12:29 WIB

Warga Provinsi DKI Jakarta umumnya memilih wisata luar kota untuk perayaan malam Tahun Baru. Alasan beragam, mulai dari suntuk, jenuh, dan yang paling utama, macet.

Tapi untuk pergantian tahun ke 2013, coba singkirkan hal negatif itu sesaat dan nikmati perayaan yang ditawarkan Ibu Kota Indonesia ini. Jakarta berlimpah keriaan di malam Tahun Baru.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman, di Jakarta Pusat ada 63 event di 34 lokasi; Jakarta Utara memiliki 11 event di delapan lokasi; Jakarta Barat menggelar 14 event di 14 lokasi; Jakarta Selatan memiliki 26 event di 26 lokasi; dan Jakarta Timur memiliki lima event di tiga lokasi.

Sedangkan sepanjang jalur Sudirman-Thamrin akan menjadi saksi sejarah pertama kalinya "Car Free Night." Sesi bebas kendaraan bermotor ini akan dimulai 31 Desember 2012 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2013 pukul 02.00 dini hari.

Masyarakat Jakarta dan para pelancong bebas menggunakan jalan ini untuk menyaksikan berbagai "pesta kecil." Digelar pula karnaval untuk memamerkan budaya Betawi yang berparade mulai dari Balai Kota hingga Bundaran Hotel Indonesia. Di lokasi terakhir inilah, hitung mundur menuju tahun 2013 akan dilakukan.

Sementara di utara, tepatnya di Taman Impian Jaya Ancol, perayaan tahunan juga sudah disiapkan. Terutama, pesta kembang api yang menjadi puncak keriaan pergantian nominal tahun.

Semua limpahan perayaan ini belum ditambah acara-acara yang digelar mal yang menyebar di seluruh Jakarta. Jadi, siap merayakan tahun baru di Ibu Kota Nusantara?