"Wonderful Indonesia" Harumkan Pariwisata Nusantara di AS

By , Kamis, 3 Januari 2013 | 17:46 WIB

Nama pariwisata Indonesia kembali melanglang di pentas dunia. Kali ini kendaraan pawai Indonesia dengan tema "Wonderful Indonesia" meraih President's Award di ajang Rose Parade ke 124 yang berlangsung di Pasadena, California, Amerika Serikat, pada 1-2 Januari 2013.

Kendaraan pawai "Wonderful Indonesia" menampilkan wayang golek yang terdiri dari Arjuna, Krisna, dan Gatot Kaca. Ditambah miniatur obyek wisata Jawa Tengah berupa stupa dan gamelan. Penampilan float (mobil pawai) Indonesia semakin berbeda dengan tampilnya 12 penari dari Solo Batik Carnival sebagai pengiring.

Rose Parade atau Parade Bunga Mawar sendiri adalah acara tahunan yang disaksikan sekitar 450 juta masyarakat dunia. Besarnya animo penonton untuk menyaksikan parade ini sampai mendorong mereka untuk bermalam di lokasi yang akan dilewati barisan float.

"Satu-satunya cara untuk merasakan pengalaman Parade Bunga Mawar adalah berada di sini secara langsung," ujar Gineen Alcantara-Nakama, salah satu penduduk Los Angeles, California.

Untuk tahun 2013, Parade Bunga Mawar mengambil tema "Oh, the places you’ll go” dan melibatkan 42 kendaraan pawai. Menurut peraturan, setiap jengkal dari kendaraan ini harus diselimuti bunga atau materi tanaman lain.