AS Kembangkan Jalan Tol Budaya untuk Wisata

By , Selasa, 15 Januari 2013 | 18:03 WIB

Highway 82, yang merentang dari Sungai Mississippi hingga ke Alabama, dinobatkan sebagai jalan tol budaya pertama di Amerika Serikat, Selasa (15/1). Titel ini disematkan mengingat jalur yang merentang di Highway 82 menawarkan beberapa tempat yang lekat dengan warisan budaya Mississippi.

Jalur sepanjang kurang lebih 291 kilometer itu melewati delapan wilayah di Mississippi, di antaranya Greenville, Greenwood, Leland, Indianola, Winona, Starkville, dan Columbus. Salah satu lokasi wisata yang ditawarkan di Columbus adalah tempat kelahiran penulis ternama Tennessee Williams.

Williams sebagai penulis novel, puisi, dan berperan besar dalam dunia teater AS, lahir di Columbus pada 26 Maret 1911. "Konsep dari jalan tol budaya memberikan ragam pilihan lokasi warisan budaya yang ingin dikunjungi para turis," ujar Sarah McCullough, program manajer dari pengembangan wisata dan warisan budaya untuk Mississippi Development Authority's Division of Tourism.

Ditambahkan Senator Lydia Chassaniol, mereka ingin agar para pelancong datang dan tinggal lebih lama di Mississippi. "Turis pengunjung warisan budaya cenderung membawa uang, itu akan sangat membantu perkembangan ekonomi setempat," kata  Chassaniol.