Losion Insektisida Lebih Efektif Cegah DBD Dibanding Fogging

By , Rabu, 16 Januari 2013 | 16:30 WIB

Teknik pengasapan (fogging) ternyata bukan merupakan cara yang terlalu efektif memberantas nyamuk pembawa virus demam berdarah dengue.

Demikian kesimpulan dari disertasi berjudul "Modeling Intervensi Penyakit Demam Berdarah di Indonesia" yang ditulis Tri Yunis Miko Wahyono dan dipaparkan di Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Depok, Selasa (15/1).

Ia membandingkan penggunaan insektida dalam bentuk losion antinyamuk dengan insektisida dalam pengasapan. Menurut penelitian Tri, losion lebih efektif karena pengasapan yang cenderung massal hanya membasmi nyamuk-nyamuk dewasa yang terbang. Sedangkan jentik-jentik nyamuk dan nyamuk yang tersembunyi tidak ikut dibasmi.

"Pengasapan tidak seefektif penggunaan losion yang mampu menekan persentase DBD hingga 50 persen," paparnya.

Efektivitas losion, ia menambahkan, akan dapat bertahan selama enam hingga 12 jam. Disarankan menggunakan secara rutin saat jam aktif nyamuk Aedes aegypti di pagi dan sore hari.

Meski efektif sebagai pencegahan DBD, penggunaan losion insektisida pun perlu pengawasan ketat dan dosisnya tidak boleh berlebih. Sebab mengandung toksin yang bisa memiliki dampak berbahaya untuk kesehatan manusia.