Bermalam di Penginapan Panda

By , Senin, 4 Maret 2013 | 17:43 WIB

Pengusaha di Cina memiliki cara khas untuk ikut melestarikan ikon negaranya: panda. Sebuah hotel bernama The Haoduo Panda di provinsi Sichuan, menyulap tempat usaha mereka dengan tema panda.

Selain untuk keunikan penginapan dengan nuansa berbeda, tema ini mengingatkan pengunjung betapa bernilainya panda. Hotel ini sendiri terletak di kaki Gunung Emei, dekat Pusat Riset Perkembangbiakan Panda Raksasa Chengdu.

Nuansa yang ditampilkan termasuk warna kamar dengan dominasi hitam-putih, tempat tidur berdekorasikan panda, bantal dan boneka panda besar dan kecil, serta lukisan panda di sekitar kamar.

Seperti layaknya hotel bertema, maka staf pekerja pun mengenakan kostum panda. Dengan demikian, sejak pertama kali menginjakkan kaki di sini, pengunjung sudah langsung disuguhi si beruang hitam putih itu.

Namun, The Haoduo Panda Hotel baru akan resmi dibuka Mei 2013. Dalam situs resminya, harga per malam hotel ini dimulai dari Rp460 ribu-an hingga Rp774 ribu.

Panda (Ailuropoda melanoleuca) merupakan anggota terlangka dalam keluarga beruang. Habitat mereka di hutan bambu di pegunungan Cina. Untuk menopang bobot tubuhnya yang bisa mencapai lebih dari 150 kilogram, panda harus mengasup makanan sekitar 13 hingga 42 kilogram per harinya.