Soekarno-Hatta Masuk dalam 10 Bandara Tersibuk di Dunia

By , Kamis, 28 Maret 2013 | 14:00 WIB

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia. Dari sepuluh bandara paling riuh, Airports Council International menempatkan Soekarno-Hatta di peringkat sembilan.

Soekarno-Hatta, bandara yang tidak jauh dari pusat kota Jakarta, dianggap sebagai satu dari lima bandara dengan "pasar yang berkembang". Di mana lebih dari 40 juta konsumen terlayani pada tahun 2012. Kelima kota dengan potensi pasar itu antara lain Istanbul-Turki (20,6 persen), Dubai-Uni Emirat Arab (13,2 persen), Jakarta-Indonesia (12,1 persen), Bangkok-Thailand (10,6 persen), dan Singapura (10 persen).

Soekarno-Hatta Airport memiliki 150 counter check-in, 30 carousel bagasi, dan 42 gerbang. Di mana dan setiap sub-terminal memiliki 25 counter check-in, lima carrousel bagasi, dan tujuh gerbang. Meski masih memiliki banyak kekurangan dalam kenyamanan, tidak mengurangi kesibukan warga dunia untuk menggunakan jasanya.

"Dengan meningkatnya ekonomi global dan perdagangan internasional, kami optimis melihat lebih banyak lagi permintaan bandara di paruh akhir 2013," ujar Rafael Echevarne, Direktur Ekonomi Airports Council International, Rabu (27/3).

Untuk peringkat pertama bandara tersibuk di dunia diduduki oleh Atlanta dengan Bandara Internasional Hartsfield-Jackson. Airport ini melayani 95 juta penumpang tahun 2012 lalu, meningkat sebanyak 3,3 persen dibanding tahun sebelumnya.

Disusul oleh Beijing Capital International Airport di tempat kedua dengan pelayanan kepada 81 juta orang. Bandara Heathrow di London di tempat ketiga (70 juta penumpang). Peringkat empat dan lima ditempati Tokyo International Airport (Jepang) dan Chicago O'Hare International Airport (AS). Sedangkan posisi enam hingga sepuluh dihuni Los Angeles, Paris, Dallas/Fort Worth, Jakarta, dan Dubai.