Capuchin, Monyet Lucu nan Berbahaya Milik Justin Bieber

By , Rabu, 3 April 2013 | 16:34 WIB
()

Malang benar nasib Mally, monyet capuchin peliharaan penyanyi muda Justin Bieber. Karena tidak memiliki dokumen dan surat izin saat memasuki suatu negara, maka pihak kepabeanan bandara menahan Mally.

Saat ini monyet tersebut berada dalam karantina binatang di Munich, Jerman, awal April 2013. Dokumen yang cukup memang dibutuhkan mengingat monyet capuchin merupakan primata yang dilindungi dan tidak dianjurkan dijadikan hewan peliharaan.

Debbie Leahy, manajer perlindungan satwa liar Humane Society, Amerika Serikat, mengungkapkan sebenarnya tidak ada satu pun spesies primata yang boleh dijadikan hewan peliharaan. Karena karakteristik mereka sangat sosial, sehingga berkumpul dengan jenis mereka sendiri sangat penting untuk pembentukan psikologis.

Namun, menurut Leahy, yang terjadi saat ini justru sebaliknya. Masalah perdagangan moyet untuk dijadikan hewan peliharaan kian marak. Para peternak akan menjauhkan monyet yang baru lahir dari ibu mereka saat bayi baru berusia beberapa hari.

Monyet capuchin (Thinkstockphoto)

Monyet tumbuh hanya mengonsumsi susu botol dari orang ke orang lainnya, tanpa pernah memiliki kesempatan belajar perilaku yang sesuai dengan ibu atau kelompok mereka.

Beberapa negara mungkin melarang primata dijadikan hewan peliharaan, namun tidak jarang kita melihat capuchin dan primata lainnya menjadi peliharaan dan terbebas dari hukuman.

Hal lain yang membuat primata tidak dianjurkan sebagai hewan peliharaan karena kekuatan fisik dan karakteristiknya yang agresif ketika dewasa. Beberapa kasus penyerangan primata terhadap manusia kerap kali terjadi mulai dari merobek wajah dengan giginya yang tajam bahkan bisa menyebabkan kematian.

Risiko lain adalah hewan primata dapat membawa zoonosis, yaitu penyakit menular yang  ditularkan dari hewan ke manusia. Hal ini sungguh memprihatinkan karena hewan primata membawa virus berbahaya dan menyebabkan sekitar 80 persen  tingkat kematian.

Kejadian yang terjadi pada Justin Bieber merupakan contoh yang sangat buruk mengingat ia merupakan selebriti dunia yang memiliki banyak penggemar. Kekhawatiran pun muncul jika kebiasaan sang bintang idola memelihara hewan primata diikuti oleh para pengemarnya.