Mari Berburu Rempah di Festival Teluk Jailolo

By , Rabu, 24 April 2013 | 13:18 WIB

Untuk kali kelima, Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat, Maluku, menghelat Festival Teluk Jalilolo (FTJ) 2013. Untuk penyelenggaraan tahun ini, festival akan diadakan pada 16 - 18 Mei dengan tema "The Treasure of Golden Spice Islands".

Sesuai dengan lokasinya di Maluku yang ternama dengan rempah-rempah, festival ini pun memamerkan kelebihan tersebut. Seperti adanya spice parade, spice expo, dan menyusuri perkebunan rempah-rempah di acara spice trip.

Namun, hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, acara juga berisi jelajah indahnya wilayah pesisir Jailolo berupa lomba memancing, lomba renang, lomba mendayung, dan fun diving. Khusus untuk fun diving, para pelancong akan diajak menanam karang laut.

"Bedanya, tahun ini kita menargetkan panggung di atas laut pertama di dunia dan pengiriman kartu pos Jailolo ke seluruh indonesia untuk masuk MURI," ujar Media Officer FTJ Mariana Tjahyana pada National Geographic Traveler, Rabu (24/4).

Jangan lupakan pula bahwa Jailolo miliki ritual laut Sigofi Ngolo (upacara Bersih Laut) yang ternama. Di sini, Anda yang berkunjung bisa melihat betapa rakyat setempat menghormati samudra dan memulai acara dengan niat lurus.

Sementara bagi Anda pecinta makanan, masukkan pesta budaya di pinggir pantai sebagai agenda utama. Pesta ini melibatkan masyarakat lokal dengan membakar ikan sebanyak sepuluh ton! Disandingkan pula acara adat berupa pertunjukan tarian tradisional, upacara adat khas Jailolo, serta parade gerobak sapi.

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) juga turut mendukung penyelenggaraan FTJ 2013 melalui program Trade Trading Investment (TTI). "Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang bangga atas keindahan dan kekayaan alam, KADIN tentunya mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan pariwisata yang berdampak pada perekonomian Indonesia," kata Adi Sulistio, Ketua Komite Tetap Pariwisata Kadin.