Hewan pun Menaiki Moda Transportasi Umum

By , Jumat, 26 April 2013 | 18:10 WIB
()

Mulai dari burung hingga kambing rupanya menjadi pelanggan setia moda transportasi umum di sejumlah kota di negara. Tingkah hewan-hewan ini layaknya penumpang kendaraan pada umumnya, mereka duduk dengan tenang.

Dari hal ini kita belajar bahwa mereka merupakan bagian dari ekosistem hidup. Mereka berusaha untuk dapat hidup berdampingan dan bekerja sama dengan ekosistem hidup lain. "Memang tampak lucu, namun peristiwa ini merupakan kesempatan bagi manusia dapat masuk ke dalam konflik binatang," ujar Seth Magle dari  lembaga satwa liar perkotaan Lincoln Park Zoo, Chicago, AS.

Berikut daftar hewan yang melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum layaknya penumpang manusia.

MerpatiBerita mengenai seekor merpati yang menumpang kereta di subway di New York sempat masuk dalam surat kabar New York Times tahun 2002. Merpati ini duduk pada baris terakhir subway, kemudian ia berjalan perlahan-lahan sambil mencari sisa-sisa kotoran atau sampah yang dapat ia konsumsi.

(thinkstockphoto)

KambingKambing peliharaan milik salah seorang warga di Multnomah County, Oregon, sempat membuat panik para penumpang bus sekolah pada tahun 2008. Kambing tersebut kemudian digiring menuju tahanan oleh polisi yang bertugas. Masih di tahun 2008, kali ini kejadiannya di Mahoning County, Ohio, para kambing mengikuti para pemiliknya masuk ke dalam bus sekolah.

Anjing hutanAnjing hutan mulai sering terlihat di permukiman warga, dari Chicago hingga New York. Hewan predator ini, pemakan segala mulai dari kulit sepatu hingga buah-buahan dan juga mudah beradaptasi dengan kehidupan pekotaan.

Pada tahun 2008, seekor anjing hutan melompat ke dalam kereta api di kawasan bandara Portland, Oregon. Ia pun duduk manis di dalam kereta. Namun, untuk mengantisipasi keresahan masyarakat, para pakar satwa liar berhasil mengevakuasi dan mengeluarkan anjing tersebut.

KucingKucing merupakan binantang yang paling sering dijumpai di moda transportasi umum, terutama di Inggris. Seperti yang dilaporkan Daily Mail tahun 2007. Macavity, kucing yang hampir setiap pagi naik bersama penumpang lainnya di halte bus Wallsall,  melompat turun di halte berikutnya. Di mana lokasinya berdekatan dengan toko ikan.

Ada lagi Casper, si kucing komuter yang kerap menumpang bus dari St. Budeaux, Inggris. Namun tahun 2010, Casper dikabarkan mati tertabrak mobil saat berusaha menyeberang jalan.

Kucing komuter lainnya bernama Dogder yang sangat suka duduk dan naik bus dari daerah Dorset, Inggris. Pemiliknya menduga, Dogder menyukai kehangatan kursi yang ditimbulkan oleh penumpang yang beranjak dari kursinya saat beranjak turun.

Monyet rhesus

Meledaknya populasi monyet rhesus di India mulai membanjiri perkotaan. Monyet merupakan hewan yang dipercaya sebagai jelmaan Dewa Hanuman, maka itu masyarakat India enggan menyakiti dan lebih sering memberi makan mereka.

Para monyet ini memperlakukan Gedung Parlemen India sebagai tempat bermain dan menaiki kereta dan bus dengan gaya seperti penumpang manusia. Jadi jangan heran jika Anda berkunjung ke India menemukan monyet berpegangan pada tiang kereta dan duduk di kursi transportasi umum.