Deretan Imaji Hewan Paling Tembus Pandang di Dunia (I)

By , Rabu, 8 Mei 2013 | 18:33 WIB
()

Kumbang kura-kura emas (Charidotella sexpunctata) (George Grall, National Geographic)

Pernahkah Anda bayangkan bisa melihat isi tubuh sendiri? Dengan demikian jika ada yang salah dengan isi tubuh, Anda tinggal melongok sesaat dan nampaklah di mana letak sumber masalahnya.

Sayangnya, tanpa bantuan mesin, hal ini mustahil dilakukan manusia. Tapi bukan artinya makhluk tembus pandang seperti ini tidak ada. Mereka yang dianugerahi tubuh transparan ada di sekitar manusia. Berikut di antaranya:

1. Cyanogaster noctivaga

Merupakan ikan transparan dari Amazon yang baru ditemukan. Menurut spekulasi, tubuhnya yang transparan dan hanya aktif di malam hari-lah yang membuatnya baru diketemukan saat ini. Selain transparan, ikan ini sangat mungil, hanya 17 milimeter panjangnya. 

2. Kumbang kura-kura emas

Kumbang dengan nama Latin Charidotella sexpunctata ini juga biasa disebut "kumbang emas". Ukurannya yang hanya lima hingga delapan milimeter menjadikannya makhluk paling transparan terkecil. Spesies ini juga bisa berubah warna dari emas ke perak kemerahan sepanjang tahun.

3. Kodok kaca  

Hyalinobatrachium pellucidum, atau kodok kaca adalah spesies asli dari hutan di Ekuador.  Saking pucatnya kulit hijau dari spesies ini hingga membuat mayoritas organ vitalnya terlihat jelas. Sayangnya, spesies ini terancam punah karena habitatnya rusak.

4. Malaikat laut

Spesies malaikat laut merupakan moluska dari Samudra Arktika dengan nama sains Gymnosomata yang diambil dari bahasa Yunani berarti "tubuh telanjang". Dari tampilannya, spesies ini digambarkan "menakutkan namun menakjubkan".

(bersambung ke Deretan Imaji Hewan Paling Tembus Pandang di Dunia [II])