Kesegaran Yoghurt Pelega Dahaga

By , Sabtu, 11 Mei 2013 | 11:38 WIB

Mengenal Bandung, ibu kota Jawa Barat, sebagai kota nan sejuk tidak cukup. Anda harus tahu pula kuliner segar yang disuguhkan oleh kota yang berjuluk Paris Van Java ini.

Ide saya adalah menyicipi olahan yoghurt berbagai rasa di kedai Yoghurt Cisangkuy. Jika Anda tidak asing mendengar namanya, pasti karena ini salah satu tempat yoghurt yang sudah berdiri sejak puluhan tahun di Bandung.Maka pada satu akhir pekan beberapa waktu lalu, saya sempatkan waktu untuk minum yoghurt yang terletak di Jalan Cisangkuy 66, lokasi daerah lapangan Gasibu (Gedung Sate) dan tak jauh dari Museum Geologi ini. Tepatnya berada di sisi Taman Lansia yang hijau.Ternyata Yoghurt Cisangkuy punya keunikan dalam hal kategori yoghurt yang ditawarkan. Ada yoghurt yang masih dominan kadarnya, disebut dengan yoghurt yang kental. Memang yoghurt ini pekat dan terasa sekali keasamannya.Namun ada pula yoghurt yang sudah 'dioplos' atau dicampur sehingga tidak seasam yoghurt pada umumnya, disebut yoghurt encer atau yoghurt juice. Kalau Anda bukan termasuk penyuka asam, yoghurt juice akan lebih bersahabat di lidah. Lalu kita dapat memilih varian rasa dari aneka buah, antara lain stroberi, leci, anggur, blackberry. Juga bisa memesan kedua jenis yoghurt tersebut dengan potongan-potongan buah asli di dalamnya. Ada pula yoghurt spesial yang diberi campuran rum untuk menambah nikmatnya. Di Yoghurt Cisangkuy, yoghurt dapat dinikmati dengan harga cukup murah, berkisar kurang lebih Rp8.000-13.000/gelas tergantung jenis.

Menikmati segelas yoghurt leci di tengah cuaca sejuk.

Segelas yoghurt segar untuk menemani obrolan, ditambah berbagai kudapan seperti kue-kue manis, pisang goreng, kentang dan sosis goreng, martabak telur, hingga sajian menu seperti nasi goreng dan soto bandung. Selain itu di luar kedai, banyak gerobak jajanan yang makanannya boleh dipesan untuk dibawa ke dalam. Saya langsung memesan satu porsi satai dan surabi.

Bila mengamati suasana sekitar, tidak heran Yoghurt Cisangkuy ini menjadi tempat favorit untuk bersantai, bercengkerama, serta melepas penat. Meski tak menempati tempat yang terlalu luas, kedai memiliki area indoor dan outdoor, di mana area outdoornya cukup leluasa dan dinaungi pepohonan.

Sekumpulan anak muda yang tengah duduk-duduk di siang hari menjelang sore itu pun mengakuinya. "Atmosfer di sini yang buat kami nyaman. Kami sering minum yoghurt di sini," ungkap dia. Salah satu teman yang lain menambah, "Sebagai buah tangan untuk di rumah, sebaiknya pesan yoghurt yang murni, supaya nanti bisa diracik sesuai selera dan preferensi pribadi."

Yoghurt yang merupakan fermentasi gula susu (laktosa) memiliki kandungan bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition-Journal of Dairy Research, yoghurt punya manfaat terutama untuk pencernaan (mempercepat penyembuhan diare dan mencegah kanker kolon) serta mengurangi kolesterol. Dalam yoghurt pula terkandung beberapa gizi seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan B12.

Orang yang intoleransi terhadap susu pun tidak perlu khawatir mengonsumsi yoghurt, karena struktur laktosa pada yoghurt sudah dirusak (dipecah) sehingga tidak akan menimbulkan alergi.